Kamis, 04 Juli 2013

Bahasa Perancis Dasar

bonjour [bonzur] = Selamat pagi/siang atau halo

bonsoir [bonswa] = Selamat malam atau halo

je m'appele... [Zhe mapel] = Nama saya

je viens d... [Zhe viang de] = Asal saya dari

je vais tres bien [Zhe ve trei biang] = Saya sangat baik.

merci [mersi] = Terima kasih

oui = [wi] = iya

non [nong] = tidak

et vous [e vu] = anda?

vous [vu] = anda

et toi [e toa] = kamu? (secara langsung)

ça va [tsa va] = How are you doing?

bon, ben... [bong, beng] = well

au revoir [o revoa] = sampai jumpa

pardon [pardong] = maaf

j'habite a... [zhabit a] = alamat saya

j'habite jl... [zhabit] = alamat saya (jika alamat rumah memakai nama jalan)

à tous [a tu] = semua (all)

alors [alo] = so/jadi

comment tu t'appeles? [komong tu tapel] = nama kamu siapa?

moi [moa] = aku

c'est [ses] = ini (nama orang/benda)

qui est-ce? [ki es] = ini siapa

tu [tu] = kamu

sujet [suze] = subjek

comment? [komong] = how

où [u] = where

monsieur [mensyu] = sir

madame [madam] = mrs.

je vais aux toilettes [Zhe ve a toalet] = i have to go to bathroom

s'il vous plait? [sil vu ple] = please

tu viens du [tu viang du] = asal kamu darimana?

les pays [le peyi] = country

il [il] = dia laki-laki

elle [el] = dia perempuan

ville [vil] = kota tinggal

prénom [prenom] = nama depan

nom [nom] = nama (marga)

l'âge [lajz] = umur

joyeux anniversaire [zoaye zaniverse] = happy birthday/selamat ulang tahun

j'aime [zhem] = saya suka

compréhension orale [komprehensiong oral] = ujian mendengarkan

taxi Parisien [teksi parisiang] = taksi dijalan-jalan Paris

mademoiselle [metmozel] = nona

je vous présente [ze vu presont] = saya perkenalkan

Qu'est-ce que vous faites? [kes ke vu vet] = apa pekerjaan anda/apa yang sedang anda kerjakan?

Qu'est-ce qu'il fait? [kes kil ve] = apa pekerjaan dia (laki-laki)/apa yang sedang dia (laki-laki) kerjakan?

Vous habitez où / où habitez-vous? [vu abite u / u abite vu] = dimana anda tinggal?

Tu habites où / où habites-tu? [tu abit u / u abit tu] = dimana kamu tinggal?

ecrit [ekri] = tulis/menulis

lise [lis] = baca/membaca

regarde [rejat] = lihat/melihat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar